Kerangka Acuan Kerja (KAK) MPPL-D
Nama :
Buthoro Kunto Raharjo
NRP
: 5114100068
KERANGKA ACUAN KERJA
(KAK)
Pengadaan Aplikasi Tracking Lokasi Armada Pengiriman Barang
PT. Pengiriman Barang
I.
Latar Belakang
Semakin pesatnya perkembangan
teknologi dan informasi yang berkaitan dengan letak geografis dan lokasi pada
saat ini, maka lahirlah suatu sistem yang dapat memproses informasi geografis
dan pemetaan bumi yang dapat digunakan untuk sistem navigasi. Adanya sistem
informasi geografis tersebut dapat memecahkan masalah-masalah seperti pelacakan
barang untuk jasa pengiriman barang. Dengan adanya teknologi tersebut akan
membantu menyelesaikan masalah tersebut sehingga kita tidak takut lagi barang
tidak sampai tujuan dengan selamat.
Melihat permasalahan tersebut maka PT.
Pengiriman Barang akan memberikan solusi dengan sebuah aplikasi. Aplikasi yang
dirancang akan menyelesaikan masalah tersebut dengan membuat aplikasi pelacakan
atau tracking lokasi pada armada pengiriman barang dengan sistem navigasi GPS
dimana pengguna aplikasi dapat melacak barang yang dikirimkannya secara online.
Sistem tracking tersebut dapat memberikan informasi secara akurat mengenai
masalah yang dihadapi orang pada umumnya tentang pengiriman barang.
II.
Maksud dan Tujuan
Maksud dari kegiatan pengadaan aplikasi
Tracking Lokasi Armada Pengiriman Barang ini adalah untuk memperlancar proses
pengiriman barang pada PT. Pengiriman Barang, dengan tujuan untuk dapat
memberikan jaminan pelayanan dan keamanan terhadap pengguna jasa pengiriman
barang yang memberi kepercayaannya kepada PT. Pengiriman Barang.
III.
Sasaran
Sasaran yang akan dicapai adalah
adanya aplikasi Tracking Lokasi Armada Pengiriman Barang yang terintegrasi
dengan pengguna aplikasi tersebut dan dapat diakses secara realtime atau online
dimana kedepannya akan dikembangkan sesuai kebutuhan dan kemajuan teknologi
yang ada.
IV.
Nama dan Organisasi Pengguna Jasa
Kegiatan ini diselenggarakan oleh PT.
Pengiriman Barang
V.
Sumber Pendanaan
Kegiatan ini dibiayai dari sumber
pendanaan PT. Pengiriman Barang
VI.
Lingkup Kegiatan
Ruang lingkup kegiatan yang akan
dilakukan pada pekerjaan “Pengadaan Aplikasi Tracking Lokasi Armada Pengiriman
Barang” harus dapat memenuhi persyaratan sebagai berikut :
·
Integrasi
aplikasi dengan basis database cabang PT. Pengiriman Barang seluruh Indonesia yang
tersebar di 33 Provinsi.
·
Terintegrasi
dengan base web yang bisa diakses publik.
·
Beroperasi
selama 24 jam.
·
Perangkat
yang digunakan berteknologi tinggi berkualitas internasional untuk menampung
data dan sebagai monitoring dari semua proses pengiriman barang.
·
Menyusun
dokumentasi lengkap.
VII.
Lokasi Kegiatan
Lokasi kegiatan ini adalah di kantor
pusat PT. Pengiriman Barang
VIII.
Fasilitas Kegiatan
Fasilitas yang diberikan oleh PT.
Pengiriman Barang kepada pelaksana pekerjaan adalah :
·
Ruangan dan
kantor
·
Akomodasi berupa
uang makan
·
Segala peralatan
yang menunjang proses berlangsungnya proyek
IX.
Alih Pengetahuan
Pelaksana pekerjaan berkewajiban untuk
menyelenggarakan pertemuan dan pembahasan dalam rangka alih pengetahuan kepada
pihak PT. Pengiriman Barang dalam bentuk konsultasi selama pekerjaan
berlangsung dan pelatihan sesudah aplikasi dibuat.
X.
Metodologi
Berikut ini adalah metodologi untuk
merealisasikan proyek “Pengadaan Aplikasi Tracking Lokasi Armada Pengiriman
Barang” pada PT. Pengiriman Barang, akan ditempuh langkah-langkah sebagai
berikut :
1. Studi Kelayakan
Mempelajari proses bisnis yang
berlangsung di PT. Pengiriman Barang, sehingga dapat disimpulkan kebutuhan
aplikasi secara rinci.
2. Desain Fungsi
Melakukan desain sistem secara
detail sesuai dengan fungsi dari aplikasi yang dikehendaki.
3. Pemrograman
Melakukan coding untuk
merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat.
4. Pengujian
Dilakukan untuk mengetahui apakah
hasil dari pemrograman sudah benar dan sesuai dengan yang diharapkan.
5. Pelatihan
Sebelum diserah terimakan kepada
user, pihak developer bertanggung jawab melatih user atau operator PT.
Pengiriman Barang yang hendak mengoperasikan aplikasi yang telah dibuat.
6. Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa
selesai begitu saja setelah diserah terimakan, tetapi masih berlanjut hingga
waktu yang ditentukan untuk memastikan aplikasi berjalan tanpa dengan baik.
7. Dokumentasi
Dokumen dibuat untuk melihat
kemajuan proyek yang sedang dikerjakan.
XI.
Jangka Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan proyek ini selama 60
hari kalender dimulai pada tanggal 6 Maret – 26 Mei 2017.
XII.
Kualifikasi
Kualifikasi yang harus dipenuhi oleh
pelaksana pekerjaan adalah :
·
Bersedia
menandatangani perjanjian kerahasiaan data dan informasi dari PT. Pengiriman
Barang.
·
Bertanggung
jawab atas pelatihan yang diberikan kepada pihak PT. Pengiriman Barang.
·
Memberikan
garansi atas aplikasi yang dibuat kepada PT. Pengiriman Barang.
XIII.
Tenaga Ahli
No.
|
Jabatan
|
Jumlah (Orang)
|
Kualifikasi
|
Pengalaman (Tahun)
|
I
|
Tenaga Ahli
|
|
|
|
1
|
Team Leader
|
1
|
S2
|
5th
|
2
|
System Analyst
|
1
|
S1
|
5th
|
3
|
Ahli Database
|
2
|
S1
|
3th
|
4
|
Ahli Pemrograman
|
5
|
S1
|
3th
|
5
|
Ahli Jaringan
|
2
|
S1
|
3th
|
II
|
Tenaga Pendukung
|
|
|
|
1
|
Operator Komputer
|
1
|
SMA/D3
|
|
2
|
Tester
|
1
|
SMA/D3
|
|
XIV.
Keluaran
Keluaran yang dihasilkan dalam proyek
“Pengadaan Aplikasi Tracking Lokasi Armada Pengiriman Barang” adalah :
·
Perangkat
lunak Aplikasi Tracking Lokasi Armada Pengiriman Barang.
·
Program
dengan source code.
·
Dokumentasi
selama pekerjaan pembuatan aplikasi berlangsung.
·
Technical manual
yang berisi dokumentasi dan cara kerja dari aplikasi yang dikerjakan.
·
Dokumentasi SOP
(System Operating Procedure) dan SMP (System Maintenance Procedure).
·
Instalasi
aplikasi.
·
Migrasi
data.
·
Pelatihan,
pendampingan, garansi, pemeliharaan.
XV.
Pelaporan
Jenis laporan yang harus diserahkan
pihak pelaksana pekerjaan kepada PT. Pengiriman Barang adalah :
a. Laporan Pendahuluan, berisi:
·
Rencana
kerja secara menyeluruh
·
Mobilisasi
tenaga ahli dan tenaga pendukung
·
Jadwal
kegiatan secara menyeluruh
b. Laporan Interim
·
Hasil
kegiatan yang sudah dicapai (diserahkan selama 2 minggu sekali)
·
Masalah pekerjaan
dan rencana solusinya
·
Rencana baru
jika mendapatkan masalah
c. Laporan Akhir
·
Laporan
pendahuluan
·
Dokumentasi
yang berkaitan dengan pekerjaan pengadaan aplikasi ini
ABOUT THE AUTHOR
Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible
0 komentar:
Posting Komentar