Kerangka Acuan Kerja (KAK) MPPL-D

Nama : Buthoro Kunto Raharjo
NRP   : 5114100068

KERANGKA ACUAN KERJA
(KAK)

 Pengadaan Aplikasi Tracking Lokasi Armada Pengiriman Barang
PT. Pengiriman Barang

I.          Latar Belakang
Semakin pesatnya perkembangan teknologi dan informasi yang berkaitan dengan letak geografis dan lokasi pada saat ini, maka lahirlah suatu sistem yang dapat memproses informasi geografis dan pemetaan bumi yang dapat digunakan untuk sistem navigasi. Adanya sistem informasi geografis tersebut dapat memecahkan masalah-masalah seperti pelacakan barang untuk jasa pengiriman barang. Dengan adanya teknologi tersebut akan membantu menyelesaikan masalah tersebut sehingga kita tidak takut lagi barang tidak sampai tujuan dengan selamat.
Melihat permasalahan tersebut maka PT. Pengiriman Barang akan memberikan solusi dengan sebuah aplikasi. Aplikasi yang dirancang akan menyelesaikan masalah tersebut dengan membuat aplikasi pelacakan atau tracking lokasi pada armada pengiriman barang dengan sistem navigasi GPS dimana pengguna aplikasi dapat melacak barang yang dikirimkannya secara online. Sistem tracking tersebut dapat memberikan informasi secara akurat mengenai masalah yang dihadapi orang pada umumnya tentang pengiriman barang.

II.          Maksud dan Tujuan
Maksud dari kegiatan pengadaan aplikasi Tracking Lokasi Armada Pengiriman Barang ini adalah untuk memperlancar proses pengiriman barang pada PT. Pengiriman Barang, dengan tujuan untuk dapat memberikan jaminan pelayanan dan keamanan terhadap pengguna jasa pengiriman barang yang memberi kepercayaannya kepada PT. Pengiriman Barang.

III.          Sasaran
Sasaran yang akan dicapai adalah adanya aplikasi Tracking Lokasi Armada Pengiriman Barang yang terintegrasi dengan pengguna aplikasi tersebut dan dapat diakses secara realtime atau online dimana kedepannya akan dikembangkan sesuai kebutuhan dan kemajuan teknologi yang ada.

IV.          Nama dan Organisasi Pengguna Jasa
Kegiatan ini diselenggarakan oleh PT. Pengiriman Barang

V.          Sumber Pendanaan
Kegiatan ini dibiayai dari sumber pendanaan PT. Pengiriman Barang

VI.          Lingkup Kegiatan
Ruang lingkup kegiatan yang akan dilakukan pada pekerjaan “Pengadaan Aplikasi Tracking Lokasi Armada Pengiriman Barang” harus dapat memenuhi persyaratan sebagai berikut :
·         Integrasi aplikasi dengan basis database cabang PT. Pengiriman Barang seluruh Indonesia yang tersebar di 33 Provinsi.
·         Terintegrasi dengan base web yang bisa diakses publik.
·         Beroperasi selama 24 jam.
·         Perangkat yang digunakan berteknologi tinggi berkualitas internasional untuk menampung data dan sebagai monitoring dari semua proses pengiriman barang.
·         Menyusun dokumentasi lengkap.

VII.          Lokasi Kegiatan
Lokasi kegiatan ini adalah di kantor pusat PT. Pengiriman Barang

VIII.          Fasilitas Kegiatan
Fasilitas yang diberikan oleh PT. Pengiriman Barang kepada pelaksana pekerjaan adalah :
·        Ruangan dan kantor
·        Akomodasi berupa uang makan
·        Segala peralatan yang menunjang proses berlangsungnya proyek

IX.          Alih Pengetahuan
Pelaksana pekerjaan berkewajiban untuk menyelenggarakan pertemuan dan pembahasan dalam rangka alih pengetahuan kepada pihak PT. Pengiriman Barang dalam bentuk konsultasi selama pekerjaan berlangsung dan pelatihan sesudah aplikasi dibuat.

X.          Metodologi
Berikut ini adalah metodologi untuk merealisasikan proyek “Pengadaan Aplikasi Tracking Lokasi Armada Pengiriman Barang” pada PT. Pengiriman Barang, akan ditempuh langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Studi Kelayakan
Mempelajari proses bisnis yang berlangsung di PT. Pengiriman Barang, sehingga dapat disimpulkan kebutuhan aplikasi secara rinci.
2.      Desain Fungsi
Melakukan desain sistem secara detail sesuai dengan fungsi dari aplikasi yang dikehendaki.
3.      Pemrograman
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat.
4.      Pengujian
Dilakukan untuk mengetahui apakah hasil dari pemrograman sudah benar dan sesuai dengan yang diharapkan.
5.      Pelatihan
Sebelum diserah terimakan kepada user, pihak developer bertanggung jawab melatih user atau operator PT. Pengiriman Barang yang hendak mengoperasikan aplikasi yang telah dibuat.
6.      Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserah terimakan, tetapi masih berlanjut hingga waktu yang ditentukan untuk memastikan aplikasi berjalan tanpa dengan baik.
7.      Dokumentasi
Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikerjakan.

XI.          Jangka Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan proyek ini selama 60 hari kalender dimulai pada tanggal 6 Maret – 26 Mei 2017.

XII.          Kualifikasi
Kualifikasi yang harus dipenuhi oleh pelaksana pekerjaan adalah :
·         Bersedia menandatangani perjanjian kerahasiaan data dan informasi dari PT. Pengiriman Barang.
·         Bertanggung jawab atas pelatihan yang diberikan kepada pihak PT. Pengiriman Barang.
·         Memberikan garansi atas aplikasi yang dibuat kepada PT. Pengiriman Barang.

XIII.          Tenaga Ahli
No.
Jabatan
Jumlah (Orang)
Kualifikasi
Pengalaman (Tahun)
I
Tenaga Ahli



1
Team Leader
1
S2
5th
2
System Analyst
1
S1
5th
3
Ahli Database
2
S1
3th
4
Ahli Pemrograman
5
S1
3th
5
Ahli Jaringan
2
S1
3th
II
Tenaga Pendukung



1
Operator Komputer
1
SMA/D3

2
Tester
1
SMA/D3


XIV.          Keluaran
Keluaran yang dihasilkan dalam proyek “Pengadaan Aplikasi Tracking Lokasi Armada Pengiriman Barang” adalah :
·         Perangkat lunak Aplikasi Tracking Lokasi Armada Pengiriman Barang.
·         Program dengan source code.
·         Dokumentasi selama pekerjaan pembuatan aplikasi berlangsung.
·         Technical manual yang berisi dokumentasi dan cara kerja dari aplikasi yang dikerjakan.
·         Dokumentasi SOP (System Operating Procedure) dan SMP (System Maintenance Procedure).
·         Instalasi aplikasi.
·         Migrasi data.
·         Pelatihan, pendampingan, garansi, pemeliharaan.

XV.          Pelaporan
Jenis laporan yang harus diserahkan pihak pelaksana pekerjaan kepada PT. Pengiriman Barang adalah :
a.       Laporan Pendahuluan, berisi:
·         Rencana kerja secara menyeluruh
·         Mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung
·         Jadwal kegiatan secara menyeluruh
b.      Laporan Interim
·         Hasil kegiatan yang sudah dicapai (diserahkan selama 2 minggu sekali)
·         Masalah pekerjaan dan rencana solusinya
·         Rencana baru jika mendapatkan masalah
c.       Laporan Akhir
·         Laporan pendahuluan
·         Dokumentasi yang berkaitan dengan pekerjaan pengadaan aplikasi ini

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar